Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Oh, Manado!

Setiap mengunjungi mall, 
salah satu ritual yang harus aku lakukan adalah makan
Entah itu hanya jajanan ataupun main course
Pokoknya ada yang dicoba, jadi bisa menambah
daftar tempat makan favorit di dalam kamusku

Yang paling sering aku datangi itu Mall Ambasador
Selain dekat dengan kos dan kantor,
disini banyak sekali makanannya
Dan aku suka duduk di warung-warung Manado
Kalau penuh di satu tempat, aku cari lainnya yang kosong
Aku tidak bisa mengingat satu per satu nama-namanya
Hhm, salah satunya yang aku hafal itu Colo Colo 

Kebanyakan masakan Manado itu membuat lidah menari ala poco-poco,
saking pedasnya
Memang enak mampir makan di food court Mall Ambasador ini,
sekaligus aku memuaskan diri yang kangen masakan mama

Bubur Manado + Sambal Ikan Roa
Ini menu yang membuatku merem melek ketika menyantapnya
Rasa buburnya yang lembut, kres-kresnya pipilan jagung
 dan juga sayurannya seperti bayam dan kangkung itu sangatlah nikmat
Belum lagi sambal ikan roa yang super pedas
Alamak!
Satu piring lepek kecil yang berisi sambal ikan roa,
langsung aku tuang semuanya di mangkok bubur,
diaduk sampai tercampur rata,
baru dinikmati
Sumpah, top markotop rasanya

Sayang, aku tidak mengambil fotonya
Dan ketika streetdirectory mengadakan lomba menulis ini,
aku posting saja foto bubur Manado buatan mamaku
Sama kok, hanya saja tidak menggunakan sambal ikan roa
Pelengkapnya memang tergantung selera

Anyway, akan tetap aku tunjukkan seperti apa rupa makanan-makanan itu,
biar yang belum pernah makan jadi penasaran,
lalu langsung datang ke food court Mall Ambasador

Oh, Manado!
Masakan-masakan tradisionalmu memang selalu membuatku ingin makan,
lagi, lagi, dan lagi

Bubur Manado made in mama
Ada ikan pindang yang crunchy dan sambal terasi
Mamaku suka menambahkan singkong ke dalamnya

Nah, kalau di restoran ataupun warung-warung Manado
seperti yang ada di food court Mall Ambasador
mereka menggunakan labu
Warna buburnya jadi agak kuning

Inilah sambal roa yang legendaris itu
Sediakan minuman dingin kalau makan yang satu ini
Mulut rasanya seperti dibakar

Apakah ikan roa itu?
Ikan roa adalah ikan laut jenis ikan terbang yang hanya ditemui di Manado
Sebelum dijadikan sambal, ikan roa diasapi dulu
Kemudian diambil durinya dan ditumbuk halus 
Baru dimasak menggunakan cabai yang banyak

Pokoknya tempat makan favoritku yah warung-warung Manado
Coba saja ke Mall Ambasador
Silahkan pilih yang disukai,
tapi jangan lupa untuk mencoba bubur manado 
dan sambal ikan roa ya?





Post a Comment

0 Comments